Jokowi Meresmikan Tol Pekanbaru - Padang Dalam Saat Kunjungan Kerja ke Riau.

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Padang, Seksi Pekanbaru - Bangkinang, Rabu (04/01/2023, di Gerbang Tol bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau. (Foto: Humas Setkab/Agung)


Tapung, MediaTapungRaya.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru Padang seksi Pekanbaru Bangkinang di gerbang Tol Bangkinang Kabupaten Kampar. Ditandai dengan penekanan tombol sirine serta penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya Jalan Tol tersebut.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrahiim, pada siang hari ini saya resmikan jalan Tol ruas Pekanbaru Padang seksi Pekanbaru Bangkinang di kabupaten Kampar Provinsi Riau." Ujar Jokowi sekaligus menutup kata sambutannya.

Peresmian ini adalah salah satu tujuan kunjungan kerja Jokowi ke Provinsi Riau pada tanggal 4 Januari 2023 hingga 5 Januari 2023.

Tol Pekanbaru - Padang seksi Pekanbaru - Bangkinang merupakan kelanjutan dari Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 30,9 KM yang telah menghabiskan anggaran Rp. 4,8 Triliun. Dan jalan dari Dumai, Pekanbaru lalu ke Bangkinang akan tersambung terus ke arah Padang.

Harapan Jokowi pembangunan Jalan Tol ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Diantaranya mampu menumbuhkan sentra ekonomi baru, membuka lapangan kerja serta mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain daripada itu, dengan diresmikan ruas Jalan Tol yang baru ini akan mendorong mobilitas barang, jasa dan mobilitas orang menjadi jauh lebih baik. Sehingga dapat menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau. 

Sementara itu, Kepala badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit juga menambahkan, Jalan Tol Pekanbaru Padang ini juga sebagai konektivitas pendukung dalam mendorong pertumbuhan investasi dalam bidang perkebunan, bidang pertambangan serta investasi industri industri lainnya di kabupaten Kampar, hingga mendongkrak kawasan Pariwisata Candi Muara Takus.

Sebagai informasi terakhir, Ruas Tol Pekanbaru Bangkinang ini telah dibuka dan diberlakukan tarif pada tanggal 25 Desember 2022 lalu untuk mendukung kelancaran lalu lintas libur mudil Natal dan Tahun Baru 2023. Sudah tercatat bahwa rata-rata harian lalu lintas kendaraan yang lewat mencapai angka 7.507 kendaraan setiap harinya. 

Disusun oleh: Surya MTR

Sumber Informasi: Sekretariat Negara

Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Lebih baru Lebih lama