Warga Petapahan Jaya Sekitarnya Melaksanakan Balimau Kasai Menyambut Ramadhan di Agrowisata Pasiran

agrowisata pasiran tapung

Tapung, MediaTapungRaya.com — Warga Petapahan Jaya dan sekitarnya melaksanakan tradisi mandi balimau menyambut bulan suci Ramadhan di Agrowisata Pasiran, Jum'at (01/04/2022).

Sudah menjadi tradisi, warga Petapahan Jaya dan sekitarnya melaksanakan kegiatan mandi bersama dengan air perasan jeruk nipis atau dikenal sebagai Balimau Kasai untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Warga setempat yang notebene-nya bersuku Jawa ikut melaksanakan tradisi masyarakat Kabupaten Kampar. Tradisi Balimau Kasai yang diadakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan ini merupakan aktivitas tradisional khas Kampar.

Pelaksanaan Balimau Kasai tahun ini diadakan di Agrowisata Pasiran, perbatasan desa Petapahan Jaya dan Rimba Beringin yang dikelola oleh Pemuda setempat.

Kelompok Pemuda setempat yang mengelola Agrowisata Pasiran atau Kelompok Sadar Wisata Agrowisata Pasiran Desa Petapahan Jaya mengenakan tarif parkir untuk pengunjung senilai Rp 10.000 untuk sepeda motor yang nantinya, hasil dari biaya parkir pengunjung yang terkumpul akan disumbangkan.

wisata agrowisata pasiran tapung
 Danau Pasiran, Agrowisata Pasiran Petapahan Jaya

Tidak hanya sekadar menjalankan tradisi, pelaksanaan acara mandi Balimau Kasai di Agrowisata Pasiran ini diramaikan dengan hiburan musik yang dibawakan oleh grup musik lokal dan siapapun yang ingin menyumbangkan suaranya dapat ikut tampil.

Acara yang sudah berlangsung sejak Kamis malam (31/03/2022) hingga Jum'at dihibur oleh pertunjukan kesenian tradisional Kuda Lumping. Para pengunjung pun bisa menikmati jajanan pasar dan makanan ringan yang ada di area pemandian.

wisata agrowisata tapung

Pemandian Agrowisata Pasiran juga memiliki kolam renang buatan yang dibangun oleh kelompok Sadar Wisata Agrowisata Pasiran khusus anak-anak.

Ketika acara berlangsung, anak-anak tampak lebih antusias dan orang tua lebih banyak menikmati acara dengan berkumpul dan bercengkerama bersama sembari menyantap makanan dan minuman yang dijual di lokasi acara ini.

agrowisata di kecamatan tapung

Dengan diadakannya acara Mandi Balimau Kasai sebagai bentuk syukur dan kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadhan ini kelak dapat dilaksanakan terus setiap tahunnya di Pemandian Agrowisata Pasiran.

Selain itu, harapannya agar pengelola Pemandian Agrowisata Pasiran dapat mengelola tempat wisata ini menjadi lebih menarik dan unik agar dapat menciptakan karakteristik serta kenyamanan pengunjung agar dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi desa Petapahan Jaya dan sekitarnya. (01/04)

Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Lebih baru Lebih lama