Pagau Nagoghi di Kasikan Menabur Sepuluh ribu Benih Ikan di Sungai Tapung

Tapung Hulu, MediaTapungRaya.com - Pagau Nagoghi yang merupakan komunitas adat dan pecinta alam di desa Kasikan melakukan aktivitas penaburan sepuluh ribu benih ikan di aliran sungai Tapung kiri menjelang Ramadhan, Sabtu sore (02/04/2022).

Penaburan sepuluh ribu benih ikan yang di aliran sungai Tapung di antaranya benih ikan Gurami dan benih ikan Nila sebanyak lima ribu ekor serta benih ikan Baung dan benih ikan Patin sebanyak lima ribu ekor.

Kegiatan tebar benih ikan di aliran sungai Tapung yang dilaksanakan menjelang Ramadhan Sabtu sore merupakan inisiasi dan partisipan warga Kasikan serta komunitas Pagau Nagoghi yang merupakan komunitas adat daerah di wilayah aliran sungai Tapung. 

Pelaksanaan tebar benih di sungai Tapung yang diselenggarakan menjelang bulan puasa dipimpin oleh mantan ketua pemuda setempat, Antoni Febry. Beliau menyebut bahwa kegiatan tabur benih ini merupakan bentuk syukur dan upaya melestarikan, sekaligus agar meningkatkan populasi ikan air tawar di aliran sungai Tapung.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami sebagai Pagau Nagoghi terhadap lingkungan, kami berprinsip jika tidak bisa melindungi jangan lah merusak," ungkap mantan Ketua Pemuda Desa Kasikan tersebut.

Berdasarkan laporan dari masyarakat di sekitar aliran sungai Tapung Kiri, memang sungai ini mengalami pencemaran karena limbah pabrik kelapa sawit di sepanjang aliran sungai sehingga menurunkan populasi ikan.

“Pagau Nagoghi akan selalu berkomitmen untuk melindungi lingkungan serta selalu berupaya membela kepentingan nelayan dan masyarakat desa Kasikan.” sambung Antoni Febry. Selain itu, ia juga berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama memperhatikan dan mengantisipasi perusahaan- perusahaan perkebunan kelapa sawit yang membuang limbah di sungai tersebut.

Setelah penebaran benih ikan ini dilaksanakan, semoga pertumbuhan populasi ikan di aliran sungai Tapung dan kelestarian alirannya dapat dijaga bersama-sama oleh elemen apa pun yang hidup di sepanjang aliran sungai Tapung.

Karena, berdasarkan informasi yang diucapkan Antoni Febry dalam acara penebaran benih ikan di sungai Tapung, ada ratusan kepala keluarga yang bergantung pada sungai Tapung. (04/22)

Sumber Terkait : 

Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Lebih baru Lebih lama