Sanggar Goebok Creative Tapung Hilir Ramaikan Hari Teater Dunia di Pekanbaru, Riau

Sanggar Goeboek Kreatif

Pekanbaru, Media Tapung Raya — Sanggar Goebok Creative Tapung Hilir ikut meramaikan Hari Teater Dunia (HATEDU) yang diselenggarakan di Taman Budaya Riau, Minggu (27/03/2022).

Sanggar Goebok Creative (SGC) merupakan komunitas kebudayaan asal desa Cinta Damai, Tapung Hilir. Komunitas kebudayaan ini menaungi seniman, pujangga, dan musisi di sekitar area kreatifnya.

Dalam peringatan Hari Teater Dunia (HATEDU) yang diselenggarakan lebih dari 30 Komunitas Seni yang ada di Riau, Sanggar Goebok Creative mengambil peran sebagai partisipan dan ikut menampilkan pentas seni teater dan menjadi satu-satunya perwakilan Kampar untuk komunitas seni budaya dalam kegiatan tersebut.

Perayaan ini merupakan gagasan yang timbul dari Marhalim Zaini, selaku Seniman Riau yang kemudian disambut antusias oleh seniman-seniman Riau lainnya.

Dalam perayaan Hari Teater Dunia ini, Sanggar Goebok Creative mempersembahkan sebuah pentas seni bertajuk “KAFAN”, sebuah kisah perjuangan yang benar-benar dialami masyarakat Desa Cinta Damai, Tapung Hilir pada tahun 1985 silam.

Tidak hanya Sanggar Goebok Creative yang menampilkan pentas seni dalam acara tersebut, ada sekitar 12 komunitas seni dari 30 Komunitas partisipan yang juga ikut menampilkan pentas seni.

Selain pentas seni, acara yang diselenggarakan untuk memperingati hari Teater Dunia ini juga menampilkan workshop serta diskusi seputar Seni Teater.

Baca Juga : Malam Peresmian Yayasan Goebok Creative Art Di Tapung Hilir

Dalam pertemuan para seniman se-provinsi Riau dalam memperingati hari Teater Dunia itu: Sanggar Goebok Creative berharap dapat melebarkan sayap agar dapat lebih dikenal di kalangan komunitas seni di provinsi Riau, selain itu, juga ingin mendapatkan pengalaman dan menambah ilmu di dunia pertunjukan.

Bidayat Ilyas Nur Yasin selaku ketua Sanggar Goebok Creative memberikan harapan untuk perayaan Hari Teater Dunia ini: “Perayaan Akbar hari Teater Dunia (HATEDU) sangat luar biasa dan harus terus diadakan dari tahun ketahun, sebagai ajang silaturahmi seniman teater seprovinsi Riau.”

“Khususnya, agar kedepan Teater Riau dapat bangkit dan berkembang sesuai harapan para seniman teater itu sendiri. Harapannya untuk di wilayah Tapung Raya juga muncul penggiat seni teater lainya selain Sanggar Goebok Creative, dan seluruh kominutas teater setapung-raya dapat bersatu padu saling support (agar) menjadi satu keluarga seniman yang aktif, produktif serta inspiratif.” jelasnya lewat pesan WhatsApp. (27/03)

Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Lebih baru Lebih lama